DIY: HOW TO GET BLUE HAIR & TIPS




It's been a year after I posted my first DIY Ombre Hair Tutorial on January last year. Again, in this post I'm going to use Bahasa instead of English because, I intend to give this guide to my fellow Indonesian. I really enjoy the perks of sharing, whether getting or not getting the feedback. :) Sebelum membaca ini, dilihat post yang sebelumnya dibuat: DIY Ombre Hair Tutorial. Karena disini tidak dibahas cara tutorialnya secara spesifik hanya a quick how and tips. PS. Produk-produk untuk mewarnai rambut dipost ini semua dibawah IDR 90.000! 

#Bleaching.
Dibutuhkan bleaching berkali-kali bagi yang rambutnya belum 'terang' karena sebelumnya rambut aku pernah di bleaching ketika di ombre (lihat disini) dan sudah terang, menurutku saat itu. Jadi asumsi ku mungkin dengan sekali bleaching jatuhnya akan menjadi putih. Berhubung target awal aku adalah mengingini rambut warna Pastel. Yes, untuk mendapatkan rambut warna perfect pastel, harus dipastikan rambut kalian benar-benar putih (pale/gray white). Disini aku mengunakan Everline Decolor Special Bleaching dengan penetralnya 12% (untuk mendapatkan hasil yang benar-benar putih) 1pcs dari bubuk bleaching + penetralnya seharga -/+ IDR 38.000.


Setelah di bleaching, aku memberikan warna putih dari cat colour ini ke rambut, sekali lagi dengan asumsi untuk menghasilkan warna putih yang sempurna untuk rambut ombre yang sebelumnya. Disini aku menggunakan Felice Hair Colour seharga IDR 25.000. Foto dibawah adalah hasil setelah bleaching dan diwarnain dengan Felice Hair Colour White.

Terlihat kuning ya hasilnya? Dan terlihat seperti 'sule'. Ini karena rambut hitam yang tidak bisa langsung menjadi putih meski dicat putih dan bleaching sekali, pasti jatohnya untuk pertama kali itu kuning terang > orange > light orange > blonde > light blonde > white. Rambut bawahnya yang hasil ombre sebelumnya itu sudah nyaris putih sempurna, asumsi aku pada saat itu, "ini pasti nih jadinya pastel, pastel! jadi pasti!" 
Aku menggunakan Miranda Hair Colour (blue) yang /pcs nya seharga -/+ IDR 9.000! Banyak dari teman-teman aku menyangka aku menggunakan manic panic. Kenapa engga pakai Manic Panic? Sederhana, 1. Tidak permanent. Ini Miranda juga tidak permanent, tapi bisa tahan jauh lebih lama dari Manic Panic. 2. Jauh lebih hemat. *Penting: Mix Developer + Hair Colour dengan conditioner putih, benar-benar putih. Foto diatas aku salah menyangka conditioner yang aku miliki adalah berwarna putih (aku tidak mengechecknya terlebih dahulubodohnya) sudah terlanjur menumpahkan jadi aku lanjutkan saja. Harus dengan warna putih karena supaya warna biru dari Miranda ini bisa menjadi setahap lebih muda warnanya. 
Daaaan. Jadinya tidak pastelllll..... Agak kecewa sih ternyata bleachingnya belum cukup sekali. Tapi kalau boleh jujur hasilnya cukup memuaskan, I really liked the colour blue either it's pastel or navy or turquoise. Jatohnnya ini memang jadi Blue-greenish gitu, diatas-atasnya hijau-hijau gitu diaslinya. Ini karena antara gabungan conditioner aku yang ngga sengaja aku tumpahkan berwarna kuning itu atau karena atasan rambut aku yang kuning setelah diwarnai dengan warna putih. Foto dibawah ini lagi adalah result yang diambil setelah 2 hari kemudianDilihat-lihat rambut ini setelah keramas jatuhnya dia menjadi more Teal Colour (blue-greenish) / Turquoise gitu. Bisa dilihat ujung rambut aku itu putih-putih yang tandanya udah mau bercabang (rusak akibat bleaching) *Perhatian bleaching memang beresiko, bleaching memang akan membuat rambut rusak. Tapi kalau terus menerus takut, ngga akan kesampaian punya rambut idaman.

Pikiranku adalah, "..lakukan apa yang ingin kau lakukan ketika masih muda selama hal itu tidak merugikan orang lain atau merusak jasmani dan rohani mu. Sebab kau sendiri yang akan mengenang masa-masa seperti ini di usia kau tua nanti dan memiliki cerita ke anak dan cucumu "Hey dulu mama/nenek pernah memiliki rambut berwarna biru sewaktu muda!". ---pernyataan ini lebih menyenangkan daripada "Hey mama dulu sudah menikah umur 17 tahun, dan pertama kali merokok di umur 19". Duh, dont be. Berhubung tahun ini adalah my last teenager age, umur 20 yang akan gua hadapi sebentar lagi adalah bukan lagi umur teenager, biarkan aku menutupi umur teenager ini dengan memiliki warna rambut biru! I don't do drugs neither smoke nor go to any club (I'm not interested anyway, at least for now, I'm not interested to go to clubs.)" Point is... Rambut rusak akibat bleaching dapat diminimalisir dan "disembuhkan" dengan perawatan.

Essential Oil ini bermanfaat banget dipakai setelah bleaching. Cuci rambut jangan menggunakan shampoo setelah pewarnaan rambut tapi conditioner. Setelah rambut kering, pakaikan 1 botol ini ke rambut untuk menutupi bekas bleaching yang ngebikin rambut kasar. Seharga IDR 20.000/ botol kecil


#Hair Routines.
I use L'OREAL Color Vive protecting shampoo to prolong my hair colour (Tips: tubruk tablet vitamin C lalu masukkan bubuknya ke dalam shampoo, help to increase your hair's health), Pantene Color & Perm conditioner to repair the damage of my hair colour. Pantene Hair Strength Tonic - Leave On to avoid hair fall. L'ucido Hair Vitamin Spray & Oil. -Oils good for hair: Olive Oil, Argan Oil and Esp. Coconut Oil.-

Tidak lupa, Aloe Vera! This is the most crucial thing for taking care your hair from damage. How to use Aloe Vera into your hair? Read my previous post here. Selama dalam proses perawatan rambut, usahakan jauhkan rambut dari segala hair styles product and heat! That's all my Tips and how I get my hair blue... Or should I say Teal, Turquoise. hahaha even though I still don't get the exact colour that I want, at least it still turnt out nice that all of my friends in campus liked it very much. Ngga jarang juga ketika masuk ke Alfamart dan dilayani sama mba-mba dikasir nya, mereka muji rambut aku hahahhaha. That moment when even a stranger compliment and ask about your hair! x))). I'm not an expert, but i hope this post can help you! Lucy, x

Share this:

HIII, hello

Thank u for reading this INFP's mind, leave a footprint, share your story, or simply a 'Hi'! Excited to hear anything back from the readers :) - 22 years journeying, delightfully living life to the fullest, passionate to equip and inspire young ppl tru Art, Events and Ministry. Currently in Jakarta, pursuing Bachelor of Arts in International Relations Communication.

16 comments:

  1. Hello sis, mau nanya boleh gak 😊kan aku sudah pernah di bleaching+ombre nah trus aku kan mau warnain rambut aku lagi yg di bagian yg bekas di ombre+bleaching itu, nah trus kalo mau di warnain lagi rambutnya perlu gak sih rambutnya di bleaching lagi? Atau langsung bisa ditimpa sama warna rambut? Makasih yaa ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Felicia, bisa langsung kamu timpa aja kalau memang ingin diwarnain lagi, di bleaching lagi kalau kamu mau hasil warnanya lebih terang lagi. Jadi tergantung kamu, tujuan bleaching kan agar hasil warna akhir terang, taraf terang nya siukur dari hasil bleaching. Smeoga membantu ya :)

      Delete
  2. Hai kak. Aku pengen nanya. Jawab ya :D

    1. Aku pengen ombre rambut warna biru. Tapi di atasnya rambut asli aku warna hitam. Cuman yang dibawah doang yang aku warnain boleh gak?
    2. Kalau boleh, cara ombre nya aku bleach dulu trus langsung cat warna biru? Bener gak? #soktau xD
    3. Kalau iya, cat rambut yang bagus aku pakai itu apa?

    Plisss ya kak di jawab :) gomawo^^ ehh makasih^^ :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for this story nice post :) I want to know about Female hair Restoration please explain if you can :) Thanks

      Delete
  3. Hy kak aku mau nanya

    1. Awal februari kmrn aku habis cat rambut pake garnier warna burgundy, terus kalau aku pengen ombre bagusnya warna apa kak ?

    2. Harus d bleaching brp kali ?

    3. Terus sebelum d bleaching apa harus d masker dulu rambutnya.

    Jawab ya kak makasih :)

    ReplyDelete
  4. Hy kak aku mau nanya

    1. Awal februari kmrn aku habis cat rambut pake garnier warna burgundy, terus kalau aku pengen ombre bagusnya warna apa kak ?

    2. Harus d bleaching brp kali ?

    3. Terus sebelum d bleaching apa harus d masker dulu rambutnya.

    Jawab ya kak makasih :)

    ReplyDelete
  5. birunya luntur ngak mbak...? aku pake miranda juga mbak, warna biru... pas shampoan ternyata luntur....
    bagusnya gimana ya mbak, aku masih pengen biru-in rambutku...
    tq

    ReplyDelete
  6. hola! keren banget artikelnya!
    so saya juga pengen bikin highlight semi permanen warna biru or pink tapi buat sekitar 2-3 mingguan aja,atau warna yg lebih soft kayak light brown gitu.. bisa nggak ya? hehehe
    semoga bisa kejawab ya, thank you :D

    ReplyDelete
  7. This looks amazing! You did a fantastic job!!! www.sanspareilonline.com

    ReplyDelete
  8. Hai, aku lihat postingan blogmu hasilnya bagus juga. Kebetulan rambutku juga lagi biru dan pake produk yang sama, Miranda.

    Laki-laki dengan rambut biru (obsesiku memang cukup aneh [-_-"])

    Rambutku sebelumnya sisa hasil kreasi yang dari blonde, di cat orange terang, terus karena nggak cocok ditimpa sama biru. Kira-kira udah sebulan ini perubahan warnanya nggak terlalu beda jauh dengan warna awalnya. Hm, kalo boleh kasih saran, mungkin jangan campur kondisioner sama cat rambutnya, soalnya pengalaman itu bikin catnya lebih mudah luntur. Tapi aku ganti caranya dengan kasih kondisioner setelah dibilas. Kondisionernya kebetulan pake Herbal Essence Color Me Shiny dan cukup ramah dengan cat rambut.. (^-^)

    Sebenernya pingin coba Makarizo, karena usul dari tante dan dosen.. Hehe.. tapi bingung juga soalnya belum tau kalo Makarizo ngeluarin warna biru atau nggak..?? Dan lumayan mahal juga sih harganya..

    ReplyDelete
  9. Pastikan anda lihat di sini Info alamat jika anda ingin bepergian

    ReplyDelete
  10. http://www.anekareseppraktis.com/
    http://www.resepbunda.xyz/
    http://www.semuaharga.us/

    ReplyDelete
  11. Halo kak, kemarin aq ombrein rambut adikku, udh di bleaching mpe 2x eh warnanya kok gk seterang rambut kakak yah??? O iyya ombre biru gitu kak... klu aq warnain ulang pake warna biru warna nya keluar gak yah??? Tks

    ReplyDelete
  12. Kak mau nanya dong, beli felice nya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli di Pasar Baru, aku lupa nama tokonya. Tepat di seberang J.CO Pasar Baru :D

      Delete
  13. Kak Mau MInta Bungkus Miranda Yang Kosong Warna Blue

    ReplyDelete

TRANSLATE THIS BLOG